jump to navigation

Makin Manis Makin Pahit? March 18, 2009

Posted by lovetropicanaslim in Uncategorized.
trackback

Gula, manis, dan gula..
Pernahkah Anda membayangkan berapa sendok gula yang Anda konsumsi setiap harinya?
Itu belum termasuk, gula yang terselubung dan tersembunyi di dalam makanan manis yang Anda konsumsi, seperti cake, coklat, cookies, dan lain sebagainya.
Padahal, konsumsi gula yang tinggi berhubungan dengan berbagai macam gangguan kesehatan.

Yang paling terkenal adalah penyakit kencing manis. Bahayanya, kencing manis bisa merambat ke berbagai macam komplikasi pada organ-organ tubuh seperti jantung, pembuluh darah, ginjal, saraf, kulit, hingga mata. Tidak hanya kencing manis saja. Tingginya konsumsi gula ternyata juga dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker. Salah satunya adalah kanker pankreas1. Hal ini disebabkan karena tingginya konsumsi gula dapat mendorong peningkatan kadar gula di dalam tubuh. Kadar gula darah yang terlalu tinggi di dalam waktu lama ini dapat memicu pembentukan senyawa radikal bebas sehingga mendorong terjadinya kerusakan oksidatif pada sel-sel pankreas1. Jenis kanker lain yang diketahui berhubungan dengan konsumsi gula berlebih adalah kanker payudara2. Hal ini disebabkan karena konsumsi gula berlebih dapat memicu resistensi insulin di dalam tubuh, di mana kadar insulin di dalam tubuh menjadi tinggi. Padahal, insulin berlebihan dapat mendorong senyawa IGF-1 yang mendorong pertumbuhan sel-sel kanker2.

Plus, gula juga bisa mengganggu kesehatan gigi Anda. ’Si manis’ ternyata diketahui ikut terlibat pada masalah gigi pada anak-anak hingga orang tua3. Sebaiknya berapa banyak? Berdasarkan rekomendasi WHO, konsumsi gula sebaiknya tidak lebih dari 10 % total asupan kalori harian4, yaitu sekitar 40 gram atau 4 sendok teh gula (dengan menu rata-rata 2000 Kalori). Tidak banyak bukan?! Belum lagi gula yang kita konsumsi bukan hanya gula yang kita tambahkan saat minum teh, kopi atau minuman lain. Gula juga banyak terdapat pada berbagai makanan seperti roti, kue, permen dan lain-lain.

Nah, karenanya untuk hidup yang lebih sehat, kini dan nanti, ganti gula Anda dengan gula jagung Tropicana Slim, yang rendah kalori. Resiko berbagai macam penyakit berbahaya pun akan semakin menjauhi Anda. Dengan gula jagung Tropicana Slim, Anda tetap dapat menikmati rasa manis yang sehat untuk manisnya hidup dan masa depan Anda. Jangan sampai manisnya hidup Anda menjadi pahit dengan berbagai penyakit.

Sumber:
1 American Journal of Clinical Nutrition, Vol. 84, No. 5, 1171-1176, November 2006
2 Cancer Causes and Control. Volume 13, Number 10 / December, 2002
3 J. Nutr. 131: 2766S–2771S, 2001.
4 World Health Organization

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: