jump to navigation

Makin Melar Makin Berisiko? March 23, 2009

Posted by lovetropicanaslim in Uncategorized.
Tags: , , , , , ,
trackback

Makanan dan minuman manis memang pas dinikmati saat bersantai. Selain menggoda selera, rasa manis juga dipercaya dapat mengembalikan tenaga setelah lelah bekerja. Tak heran jika makanan dan minuman manis selalu hadir dalam menu makanan Anda. Sebetulnya sih manis boleh saja, tapi kalau kencing manis?
Manis yang Berakhir PahitMakanan dan minuman manis yang berasal dari gula, jika dikonsumsi secara berlebih dapat disimpan tubuh menjadi lemak. Kadar lemak yang tinggi berpotensi menimbulkan banyak penyakit, salah satunya kencing manis. Penderita kencing manis berisiko terserang komplikasi penyakit yang menyerang berbagai organ tubuh lainnya seperti jantung, pembuluh darah, ginjal, saraf, kulit, hingga mata. Tenyata sesuatu yang manis dapat berakhir pahit, bukan?

Apakah Anda beresiko?
Salah satu indikator apakah Anda memiliki resiko kencing manis, adalah penumpukan lemak di bagian perut1. Walaupun memiliki IMT (indeks massa tubuh; dihitung dengan cara membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan yang dikuadratkan (m2)) yang lebih rendah dibandingkan orang Eropa, Kita, orang Asia, tenyata memiliki jumlah lemak perut yang lebih tinggi1.
Tingginya jumlah lemak perut menyebabkan risiko terserang kencing manis semakin tinggi karena lemak perut diyakini dapat mendorong pengeluaran asam lemak bebas dan senyawa lain yang mendorong resistensi insulin (hormon yang berperan dalam pengaturan kadar gula darah)3. Jadi, walaupun berat badan dan IMT ideal (batas normal IMT = 18.5 – 22.9 kg/m2), jika lemak perut berlebih alias berpinggang melar, Anda juga berisiko terserang kencing manis.
Oleh karena itu, segera ukur lingkar pinggang Anda. Batas normal adalah 80 cm untuk wanita dan 85 cm untuk pria4. Atau mudah saja! Anda dapat menggunakan jengkal tangan. Apakah ukurannya lebih dari 4 jengkal? Jika ya, artinya hati-hati, Anda berisiko tinggi terhadap kencing manis.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan dengan mereka yang memiliki lingkar pinggang < 86 cm, mereka yang memiliki lingkar pinggang 87-91 cm berisiko terkena kencing manis 2 kali lebih tinggi. Risiko lebih tinggi lagi pada mereka yang memiliki lingkar pinggang 91-96 cm (3 kali lipat), 96-101 cm (5 kali lipat), dan paling tinggi pada mereka dengan lingkar pinggang > 101 cm (12 kali lipat)5. Jadi, mulailah untuk mengatur pola makan Anda dengan memilih makanan rendah lemak dan gula.

Manis yang Sehat
Tapi bukan berarti Anda tidak dapat menikmati rasa manis. Gantikan gula Anda dengan gula jagung Tropicana Slim, yang rendah kalori. Anda tetap dapat menikmati rasa manis tanpa harus membuat lingkar pinggang semakin melar. Resiko kencing manis pun akan semakin menjauhi Anda. Dengan gula jagung Tropicana Slim, Anda tetap dapat menikmati rasa manis yang sehat untuk manisnya hidup Anda.

Referensi:
1 A Review of Weight Guideline. 2002. Canada Health.
2 Am J Clin Nutr 2007;86:353–359.
3 Obesity Research. 1997 Jan;5(1):16-23
4 Diabetes Care 30 (12):3116-3118, 2007
5 American Journal of Clinical Nutrition, Vol. 81, No. 3, 555-563, March 2005

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: