jump to navigation

Sweet bites your breast? March 23, 2009

Posted by lovetropicanaslim in kanker.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh para wanita adalah kanker payudara. Berdasarkan data, diperkirakan terdapat sekitar 548.000 kasus kematian akibat kanker payudara setiap tahunnya di dunia1. Di Indonesia sendiri, angka prevalensi penderita kanker payudara diperkirakan mencapai 876.665 (tahun 2005)2. Penyebab pasti dari kanker payudara memang belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang diyakini berkaitan erat dengan penyakit ini. Salah satunya, adalah kadar gula darah yang tinggi.

Makan Manis Rentan Kanker?
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para wanita yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, meskipun mereka tidak menderita diabetes, memiliki tingkat risiko terkena kanker yang lebih tinggi. Beberapa jenis kanker yang mengancam para wanita dengan kadar gula darah tinggi ini di antaranya kanker payudara dan kanker dinding rahim3.

Khusus kanker payudara, sebuah penelitian lain juga mengungkapkan hal yang serupa. Diketahui bahwa para wanita yang memiliki kadar gula darah yang tinggi memiliki risiko terkena kanker payudara yang lebih tinggi, hingga 2.8 kali lipat4. Hubungan antara kadar gula darah dan risiko kanker payudara ini diyakini berhubungan dengan sifat glukosa yang dapat mendorong proses karsinogenesis melalui pembentukan radikal bebas serta induksi kerusakan oksidatif pada DNA dan enzim-enzim yang terlibat di dalam proses perbaikan DNA4. Selain itu, hal ini juga berhubungan dengan lebih tingginya kadar IGF-1 (Insulin Related Growth Factors) yang diketahui berhubungan dengan kanker payudara5.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Italia juga menunjukkan adanya kaitan yang erat antara konsumsi makanan yang manis dan kanker payudara. Ternyata, para wanita yang paling banyak mengkonsumsi makanan yang manis ternyata memiliki tingkat risiko terkena kanker payudara yang lebih tinggi. Diperkirakan tingginya konsumsi makanan yang manis ini terlibat di dalam 12 % kasus kanker payudara yang terjadi di Italia5.

Hal ini disebabkan karena makanan yang manis cenderung berkadar gula tinggi sehingga konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berkurangnya sensitivitas insulin (hormon yang berperan di dalam metabolisme glukosa). Berkurangnya sensitivitas insulin sendiri diketahui erat kaitannya dengan kanker payudara, karena insulin dapat menstimulasi sekresi ovarian steroid (termasuk hormon estrogen dan androgen) yang diketahui berhubungan dengan kanker payudara. Konsumsi makanan yang manis juga berkaitan dengan lebih rendahnya tingkat konsumsi makanan-makanan lain yang lebih sehat, seperti buah-buahan dan sayuran5.

Akhiri Manis dengan Manis
Kadar gula darah yang tinggi memang tidak selalu menyebabkan kanker dan bukan berarti kadar gula darah yang normal pasti dapat mencegah kanker. Ya, tingkat risiko kanker memang dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk faktor genetik dan gaya hidup.

Meskipun begitu, menjaga kadar gula darah pada batas normal, tetaplah penting. Kadar gula darah yang tinggi juga erat kaitannya dengan penyakit diabetes dan komplikasi lainnya. Jika Anda suka manis, pilihlah sumber manis yang sehat, gunakan pemanis rendah kalori yang sudah terbukti aman, seperti Tropicana Slim Sweetener. Jangan sampai manisnya gula, justru berakhir pahit bagi hidup Anda. Lindungi payudara Anda dari sekarang, dan pancarkan pesona kecantikan Anda seutuhnya.

Sumber:

1World Helath Organization
2Departemen Kesehatan RI
3Diabetes Care 30:561–567, 2007
4Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. Vol. 11, 1361–1368, November 200
5Annals of Oncology 2006 17(2):341-345.
 
 

 

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: