jump to navigation

Kalsium Turunkan Kolesterol? April 22, 2009

Posted by lovetropicanaslim in jantung, kalsium, kolestrol.
Tags: , , , ,
trackback

85745728 Minum susu hanya untuk tulang kuat? Jangan salah, kalsium pada susu ternyata memiliki manfaat yang lebih selain untuk menjaga kesehatan tulang Anda, termasuk menurunkan kolesterol Anda. Semakin bertambahnya usia, aktivitas akan semakin berkurang, sehingga metabolisme pun melambat. Pola makan pun semakin tidak sehat. Makanan berlemak sering menjadi pilihan. Hasilnya, kolesterol pun melonjak tinggi.

Percayakan Pada Kalsium

Sebuah studi penelitian oleh Dr. Margo Denke di University of Texas Southwestern Medical Center menemukan bahwa kalsium dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Denke menemukan bahwa makanan-makanan yang tinggi kalsium dapat menurunkan total kolesterol dan LDL (kolesterol jahat) serta membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Studi oleh Dr. Denke ini diujikan langsung kepada 13 orang pria yang memiliki masalah kolesterol dan tiap hari mereka diberi asupan makanan/bahan pangan tinggi kalsium yang secara total mengandung 800-1200 mg kalsium per hari. Ternyata dalam 10 hari saja studi ini langsung dapat terlihat nyata hasilnya, dimana rata-rata para subyek mengalami penurunan total kolesterol sebanyak 13 mg/dl, penurunan LDL sebanyak 18 mg/dl dan peningkatan HDL sebanyak 2 mg/dl.

 Suatu penelitian lain di University of Copenhagen Denmark membuktikan bahwa kalsium dari susu hewani ternyata dapat menurunkan kadar lemak dalam darah sehabis makan. Dan kalsium dari susu tersebut ternyata lebih efektif pengaruhnya daripada kalsium dalam bentuk suplemen.

 Penelitian ini telah diujikan pada 18 orang, dimana apabila mereka mengkonsumsi kalsium susu setelah makan, ternyata mereka memiliki kadar triacylglycerol sebanyak 15 hingga 19% lebih rendah dalam darah dibandingkan apabila mereka mengkonsumsi kalsium dalam bentuk suplemen (kalsium karbonat) setelah makan. Triacylglycerol merupakan bentuk lemak yang sebagian besar ada dalam darah setelah terjadi penyerapan dari bahan-bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

 Bagaimana Caranya?

Mekanisme kalsium dalam menurunkan kolesterol dan lemak ini memang belum jelas diketahui, tetapi studi dari Denke dapat menyimpulkan secara garis besar bahwa kalsium dapat mencegah penyerapan asam lemak jenuh dari makanan yang merupakan biangnya kolesterol. Menarik bukan?

 Menurut suatu penelitian lain yang anonim, kalsium dalam susu memiliki kemampuan untuk mengikat garam empedu yang berfungsi dalam penyerapan dan pendistribusian lemak tubuh, dan secara bertahap dapat menghambat pembentukan molekul-molekul yang mengangkut lemak dari usus ke aliran darah.

 Nah, pastinya Anda penasaran makanan tinggi kalsium apa saja yang dapat dijadikan menu utama tiap hari untuk melawan kolesterol bukan? Dr. Denke menyarankan beberapa sumber kalsium yang efektif untuk membantu menurunkan kolesterol Anda, yaitu antara lain: Satu gelas jus jeruk (200 ml) yang mengandung sekitar 300 mg kalsium, satu gelas susu sapi segar yang mengandung lebih dari 300 mg kalsium, satu gelas yoghurt yang mengandung sekitar 400 mg kalsium dan Anda juga dapat secara teratur mengkonsumsi satu batang brokoli yang mengandung sekitar 73 gr kalsium.

 Kalsium susu memang dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan lemak dari makanan yang kita makan, tetapi bagaimana dengan lemak dari susu itu sendiri? Jangan khawatir, sekarang Anda sudah bisa menikmati susu berkalsium tinggi dengan lemak yang rendah untuk melengkapi menu Anda tiap hari!

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: